0 comments

Sunnah Dan Adab Melahirkan Bayi

Sesuatu yang sangat penting di tekankan oleh Rasulullah saw didalam menjaga pendidikan seseorang, pendidikan yang harus diawali dari mulanya untuk menjadikan seseorang itu keturunan yang baik didalam keluarganya, yang mana pendidikan ini harus lebih didahulukan dari yang lainnya. 

Rasulullah saw memerintahkan kita untuk memilih pasangan yang baik dan sholeh, memerintahkan kita untuk mendidik keturunan ketika dalam masa kehamilan, begitu juga ketika manusia dilahirkan dari perut ibunya, ada beberapa sunnah dan adab yang harus dilakukan seseorang ketika bayinya keluar dari perut ibunya sehingga menjadikan bayi nya menjadi bayi yang baik dan menjadi hamba yang sholeh, dijaga oleh kejahatan syetan, dari segala bala dan penyakit di dalam kehidupannya kelak. 

0 comments

Istri Harus Taat Suami atau Orang Tua?

menurut Syekh Yusuf Al-Qardhawi dalam kumpulan fatwanya yang terangkum dalam Fatawa Mu’ashirah bahwa memang benar, taat kepada orang tua bagi seorang perempuan hukumnya wajib.

Tetapi, kewajiban tersebut dibatasi selama yang bersangkutan belum menikah. Bila sudah berkeluarga, seorang istri diharuskan lebih mengutamakan taat kepada suami. Selama ketaatan itu masih berada di koridor syariat dan tak melanggar perintah agama.

Oleh karena itu, lanjut Qardhawi, kedua orang tua tidak diperkenankan mengintervensi kehidupan rumah tangga putrinya. Termasuk memberikan perintah apa pun padanya. Bila hal itu terjadi, merupakan kesalahan besar.
0 comments

Nabi Yahya dan Iblis

Kisah berikut tentang perjumpaan Nabi Yahya dengan Iblis yang membawa perangkap.
“Untuk apa itu, Iblis?”
“Ini syahwat, untuk memikat manusia.”
“Adakah padaku yang bisa kaujerat?”
“Tak ada,” kata Iblis. “Tapi pernah terjadi suatu malam. Engkau makan kenyang, lalu aku menjeratmu, sehingga engkau malas sembahyang.”
“Ah, kalau begitu aku tidak akan makan kenyang lagi.”
“Menyesal sekali, aku sudah membuka rahasia itu kepadamu.”
Kata guru ngaji di kampung, orang yang makan kenyang malas beribadah. Tubuh jadi gemuk, badan terasa berat, dan bawaan-nya ingin tidur melulu. Kata mereka, “Jika kamu dalam keadaan kenyang, anggaplah dirimu sedang lumpuh.” Abu Bakr r.a. pernah mengatakan, “Sejak aku masuk Islam belum pernah aku mengenyangkan perut, karena ingin merasakan nikmatnya ibadah.”